Aksara Batak

Setelah huruf Jawa yang saya posting sebelumnya, sekarang giliran AKSARA BATAK yang  ingin saya angkat, ternyata sekali lagi masih ada orang yang sangat perduli dengan keberlangsungan warisan budaya kita yang sangat berharga ini. 

Setelah “googling” akhirnya menemukan sebuah link yang mengajarkan bagaimana menulis dengan menggunakan Aksara Batak.  Font hurufnya bisa di donwload di sini, dan bagaimana cara menulisnya dapat dilihat di sini.

Aksara Batak yang tersedia adalah Karo, Pakpak, Simalungun, Mandailing, Toba dan Variants.  Terus terang saya tidak terlalu tahu tentang apa bedanya, kemungkinan ini merupakan variasi antara daerah saja (silahkan yang lebih mengerti untuk mengoreksi). Catatan: Berdasarkan informasi yang diperoleh dari penulisnya (Dr. Uli Kozok), Aksara Batak yang tersedia mewakili adanya suku-suku Batak yang mempunyai bahasa dan aksara yang berbeda-beda.  

Seperti halnya Huruf Jawa, Font Aksara Batak (dengan variasi diatas) ini dapat didownload dan dimasukan ke dalam koleksi font kita.  Hal yang menarik juga adalah tersedianya alternatif penggunaan Macintosh selain Windows yang umumnya banyak digunakan.

Penulis adalah Uli Kozok  yang tinggal di Honolulu (jauh amat yah). Penulis memberi nama program ini SURAT BATAK 1.1.

Sejarah dan bagaimana betuk Aksara Batak dapat dilihat di link ini.  Adapun Informasi lain tentang Aksara Batak Toba dapat dilihat di sini

Selamat belajar dan/atau menggunakan.  Mari kita lestarikan warisan budaya Indonesia. Kalau ada masukan, koreksi ataupun tambahan informasi silahkan kirimkan dibagian komentar.

Iklan

  1. Chimay

    Eh kalo ga salah, di honolulu emang ada professor yang ahli tulisan batak kuno ka peb…seingetku aku pernah nonton film dokumenternya…

  2. iyah…sebelum aku post tentang aksara Batak, aku email dia untuk minta ijin masukin link pengajaran tentang aksara Batak-nya.

  3. Terima kasih mas dah memposting aksara batak di sini dan sudah memasukkan link ke web site Simanjuntak.or.id. Sukses ya…

  4. Sama-sama Bang Juntak, maaf komentarnya sempet nyasar ke Spam. Jadi baru ketahuan dan saya masukan ke komentar.

  5. Terimakasih mas, udah buat postingan tentang aksara batak, salam kenal

    salam kenal juga

  6. Simon Harahap

    Mas, saya boleh minta tolong gak nih?
    saya kebetulan orang Batak dan saya ingin buat tato nama marga saya (Harahap) dengan aksara Batak. kira2x kalo mas gak sibuk dan ada waktu, bisa ngak di emailin tulisannya?

    thanks a lot ya mas,

    Simon Harahap

    Wah, kalau menulis huruf Batak nya sendiri saya juga masih coba2, mendingan minta tolong ke orang-orang yang sudah ahli dalam menulisnya, daripada salah nantinya, kan tato susah di hapusnya. btw Terima kasih atas apresiasinya.

  7. benhard

    Baik sekali ada yang mempelajari dan mendokumentasikan aksara batak. Tetapi, anda perlu hati-hati, aksara yang di pulbish itu saya kira masih belum bisa dipercaya begitu saja. karena setelah saya lihat, banyak yang salah.

    IT memudahkan orang untuk terjerumus…..

    Horas.

    terima kasih atas masukkannya, mungkin bisa dikomunikasikan dengan pembuat “aksara batak” ini bagian mana yang masih kirang tepat. Link web beliau tersedia di tulisan ini. Terima kasih. Horas

  8. Hubert

    mas, saat ini saya dan beberapa teman sedang mengerjakan sebuah model inkulturasi batak dalam kristen. Ketepatan salah satunya berhubungan dengan aksaara batak. boleh minta info gak mas, sapa tau punya link dengan ahli2 aksara batak yg mau berkomunikasi melalui email. Terima kasih untuk posting aksara bataknya.

    Salam,

    silahkan klik link di posting ini. Penulis Huruf Batak ini (Pak Uli Kozok), mungkin bisa membantu teman2.

  9. Sinurat

    thx bgt postingannya….

  10. humatob silalahi

    secara kesukuan…saya jadi merasa berhutang moral sama mas Suseno (dugaan saya, mas suku jawa)
    Saya juga telah mengamati aksara batak dari disain Bpk Dr.Uli kozok tersebut, memang ada perbedaan dengan aksara yang diajarkan dibangku sekolah atau yang diajarkan diberbagai buku, karena disain ‘font’ aksara Bpk Kozok tersebut diangkat dari buku-buku kuno batak (laklak), dan itulah aslinya Aksara Batak. Memang sekitar 3 sampai 5 huruf agak berbeda jika dibandingkan dengan disain-disain Aksara Batak yang ada. Saya memberi apresiasi melihat kepedulian beliau kepada Aksara dan Historis Batak, begitu juga kepada mas Suseno.

    Terima kasih bang silalahi, sebagai anak bangsa saya sangat peduli dengan karya bangsa kita yang sudah mulai dilupakan oleh generasi sekarang, mudah-mudahan kita bisa mulai kembali menggali dan mempelajari budaya kita yang luhur

  11. Njoo Dewi

    Mas Pebi, perkenalkan saya Njoo Dewi, mahasiswa Desain Grafis ITB tingkat 4 yang tertarik mendalami tipografi. Saat ini saya sedang menyusun Tugas Akhir yaitu mendesain huruf latin dengan tampilan huruf Batak.

    Selain untuk mendalami ilmu tipografi, saya ingin berpartisipasi dalam pelestarian budaya bangsa, salah satunya Batak. Karena tampilan layout hurufnya menarik bagi saya. Mengapa huruf latin? karena saya sendiri tidak mengerti bahasa Batak =). Alasan kedua adalah target saya adalah memperkenalkan BENTUK huruf Batak kepada masyarakat sehingga nantinya dapat dipergunakan oleh banyak orang.

    Pertama-tama saya ingin mengetahui pandangan-pandangan umum Anda mengenai pelestarian aksara Batak? kira-kira apa prioritas utama yang urgent dan menarik untuk dapat dijadikan konsep desain huruf Batak? Apakah Anda bersedia untuk share pendapat dan data mengenai Aksara Batak? Sebisa mungkin mohon dibalas via e-mail….terimakasih sebelumnya

    Salam Kenal juga, semoga tugas akhirnya sukses dan bisa memberikan kontribusi untuk pelestarian budaya Indonesia. Seperti halnya anda, saya sendiri tidak tahu banyak tentang aksara Batak. Mungkin ada baiknya mengontak orang “Batak” yang memahami hal ini secara lebih mendalam. Dalam Blog ini saya hanya mencoba mengangkat kembali aksara Batak, yang mungkin bagi orang Batak sendiri sudah mulai lupa, seperti halnya orang Jawa yang sudah mulai meninggalkan Huruf Jawa. Sekali lagi sukses untuk tugas akhirnya

  12. parhobass

    Bung Simon Harahap coba di
    http://bersamatoba.com/aksara-batak
    bisa ketik latin langsung keluar aksara bataknya

    ato kunjunginlah seselaki
    parhobass.wordpress.com
    karena saya buat kartun2 juga dengan tulisan batak (sayangnya fontnya memang menggunakan font Aksara BAtak 1.0 buatan Uli Kozok, sehingga ada kesalahan2 tertentu)

    Salam
    PArhobass

    salam juga

  13. febrina

    mana aksara bataknya??

  14. Bisa nggak dilanjutkan oleh Uli Kozok agar aksara Batak juga otomatis bisa digunakan di mesin tik komputer seperti tulisan jepang, arab, China dll? kami mohon ini sebuah solusi melestarikan aksara Batak

  15. marsonja

    mas minta,lebih banyak dong yg menyangkut BATAK” sya seorang cinabatak mamah cina & papah batak ribet kan mau bilang siapa sy ?trims.




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s